Nama Anak Laki Laki Sunda Modern

Nama Anak Laki Laki Sunda Modern

Nama merupakan anugerah yang diberikan orang tua kepada anak yang baru lahir, nama merupakan bentuk kasih sayang dan doa yang diberikan orang tua agar anak nantinya dapat menjadi apa yang diharapkan sang orang tua. Nama biasanya harus berasal dari kalimat yang memiliki arti yang baik, biasanya nama diambil dari bahasa asing, bahasa daerah, nama-nama tokoh yang menjadi tauladan, dan juga kalimat-kalimat yang kental akan kesan keagamaan. Dalam memberikan nama sebisa mungkin hindarilah dari hal yang berbau negatif, seperti kalimat yang memiliki konotasi buruk, nama yang berasal dari nama jenis setan, nama yang diambil dari tokoh yang memiliki tabiat buruk, dan juga nama-nama dari bahasa asing atau bahasa daerah yang memiliki arti negatif.

Keragaman suku di Indonesia memberikan keragaman bentuk kebudayaan dan salah satu hal yang terpengaruh adalah nama. Nama di setiap suku di Indonesia memiliki keragaman yang sangat unik di setiap suku nya, nama yang diambil dari bahasa daerah juga tak kalah unik dari nama yang diambil dari bahasa asing dan kini juga masih populer digunakan oleh banyak orang tua terhadap anaknya. Bahkan mungkin diantaranya sedikit diketahui bahwa nama tersebut diambil dari bahasa sunda. Apa saja diantaranya? Ini dia daftar nama yang diambil dari bahasa sunda namun tak banyak yang mengetahuinya.

Nama yang cukup populer yang ternyata diambil dari bahasa sunda adalah Djaka, nama Djaka atau jaka berarti jejaka atau laki-laki, nama bayi laki-laki modern dengan harapan suatu saat ia akan tumbuh menjadi laki-laki yang berani dan tangguh. Nama selanjutnya adalah Galih, nama ini cukup populer digunakan tak hanya di kawasan sunda saja, namun ternyata nama ini diambil dari kalimat bahasa sunda yang artinya inti atau hati, dengan harapan sang anak nantinya memiliki hati yang baik. Nama selanjutnya yang ternyata diambil dari bahasa sunda adalah Gilang, gilang memiliki arti cahaya dengan harapan orang tua suatu saat sang anak dapat menjadi pemberi cahaya di manapun nanti ia berada. Selanjutnya ada nama Hardi yang ternyata berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti gunung. Nama lain yang diambil dari istilah bahasa sunda lainnya adalah Indra yang berarti lembut, diambil dari nama Dewa Indra. Selanjutnya adalah Rakha yang berarti kakak atau berasal dari kata raka, biasanya diberikan pada anak laki-laki pertama dalam keluarga dan nantinya akan memiliki seorang adik. Selanjutnya ada nama Tirta yang berasal dari kata bahasa sunda dengan arti air, diharapkan nantinya dapat menjadi penyejuk layaknya air. Nama berikutnya adalah Nugraha, arti nama nugraha sendiri berarti anugerah, bentuk rasa syukur orang tua karena diberikan anugerah oleh tuhan berupa titipan yaitu anak yang dicintainya.

Itu dia beberapa nama yang jarang diketahui orang yang ternyata berasal dari bahasa sunda, nama yang diambil dari bahasa daerah mungkin kini sudah mulai sedikit digunakan oleh orang tua, namun selayaknya kita haruslah tetap melestarikan nama yang diambil dari nama daerah untuk tetap menjaga kelestarian budaya kita. Walaupun mungkin terkesan kurang unik, namun jika diulik lagi ternyata banyak nama unik yang ternyata berasal dari budaya sendiri. Dari manapun nama tersebut diambil, hal terpenting adalah tetaplah harus memiliki arti yang baik agar menjadi doa bagi setiap langkah sang anak.