Informasi Waktu Tunggu Haji Indramayu Paling Lengkap

Sudah menjadi rahasia umum, ketika Anda mendaftar haji Indramayu pada usia 20 tahun, maka kemungkinan keberangkatan hajinya adalah minimal saat berusia 35 tahun. Hal itu tentunya sudah tidak asing, khususnya bagi masyarakat yang memilih program haji reguler. Pasalnya, ketika Anda mendaftar haji, maka perlu waktu bertahun-tahun untuk menemui jadwal keberangkatan.

Perbedaan Haji Reguler dan Khusus

Pada dasarnya, program haji yang ditawarkan oleh Kementrian Agama Indonesia terdiri dari 2 macam program. Yakni, program haji reguler dan program haji khusus. Program ini berlaku untuk semua daerah, termasuk di Indramayu sendiri. Ada perbedaan yang mendasari dari kedua program ini. Perbedaan paling mencolok adalah dari waktu keberangkatan jemaah saat melakukan ibadah haji.

Jika Anda harus menunggu waktu hingga belasan tahun, maka program yang Anda pilih adalah haji reguler. Namun, Anda bisa berangkat haji dengan waktu tunggu sangat cepat bahkan di tahun yang sama dengan pendaftaran, maka memilih program haji khususlah jawabannya. Ketika Anda memilih haji khusus atau haji plus, maka Anda diberikan kebebasan untuk menentukan tahun ke berapa Anda akan berangkat haji.

Perbedaan lainnya tentu terletak di rentang penawaran harga. Untuk haji Indramayu reguler, maka harganya relatif murah dan terjangkau. Tak heran, semua kalangan bisa melakukan ibadah haji melalui program ini. Sementara untuk harga yang ditawarkan oleh program haji plus, relatif sangat mahal. Bahkan bisa sampai 3 hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan program haji reguler.

Waktu Tunggu Haji di Indramayu

Jika Anda memilih program haji plus, maka mengetahui waktu tunggu haji tidaklah begitu penting. Pasalnya, setelah proses pendaftaran Anda sudah bisa langsung mendapatkan jadwal keberangkatan. Namun, ketika Anda memilih program reguler, tentu waktu tunggu harus diketahui bahwa informasinya harus selalu diperbaharui.

Pada dasarnya, waktu tunggu haji Indramayu maupun di semua wilayah Indonesia itu tidak tentu. Pasalnya, waktu tunggunya akan berubah-ubah menyesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah hingga jemaah. Khususnya saja ketika jemaah haji sudah menyelesaikan waktu tunggunya selama 15 tahun dan keberangkatan pada tahun ini (2020). Namun, rencana keberangkatannya tertunda sehingga harus menunggu 1 tahun lagi akibat adanya pandemi global Covid-19.

Hal itu membuktikan bahwa waktu tunggu keberangkatan haji tidaklah bisa diprediksi secara pasti. Meskipun begitu, ada perkiraan perhitungan mengenai waktu tunggu haji Indramayu. Di mana perhitungan ini dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara haji, pemerintah setempat, hingga pastinya Kemenag. Untuk penentuannya, bisa didasarkan pada kuota haji yang diberikan pada setiap daerah, hingga banyaknya peminat yang sudah mendaftarkan diri untuk pergi haji.

Untuk daerah Indramayu sendiri, waktu tunggu yang ada semakin lama yakni bisa mencapai 16 tahun lebih. Hal itu berdasarkan data yang diterima pada 2019. Tentunya karena adanya pembatalan keberangkatan haji pada tahun 2020, maka waktu tunggunya akan bertambah kembali 1 tahun menjadi 17 tahun. Meskipun hal tersebut bisa saja tidak berlaku bagi calon jemaah lansia yang pastinya bisa didahulukan untuk keberangkatannya.

Tips Berhaji

Mengetahui waktu tunggu haji Indramayu tentunya bisa menjadi acuan atau gambaran tentang kapan pemberangkatan akan dilakukan. Meskipun begitu, Anda pun tidak boleh melupakan beberapa hal yang berkaitan dengan ibadah haji ini. Hal apa sajakah itu?

  • Pastikan ilmu yang dimiliki sudah cukup mumpuni untuk melakukan haji. Agar ibadah bisa dilakukan dengan lancar dan khusyuk
  • Jaga kesehatan sebaik mungkin, terlebih ketika sudah mendekati waktu keberangkatan
  • Semua berkas pendaftaran haji yang didapatkan, jagalah dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan
  • Rutin lakukan pengecekan jadwal keberangkatan haji Indramayu milik Anda
  • Saat pembekalaan asrama haji, lakukan dengan tertib

Bagaimana pun untuk ibadah haji harus diperhatikan segala sesuatunya dengan matang. Semakin baik persiapan Anda, semakin baik dan lancar juga ibadah haji nantinya.